PENGARUH PEMBERIAN PUPUK PELENGKAP CAIR PADA MEDIA BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) VARIETAS Green Rapid

  • tri kurniastuti

Abstract

Tujuan penelitian 1) untuk mengetahui interaksi antara konsentrasi pupuk pelengkap cair dan komposisi media terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada, 2) untuk mengetahui  konsentrasi yang tepat  pengaruh konsentrasi pupuk pelengkap cair terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada, dan 3) untuk mengetahui  pengaruh komposisi media terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Pelitian disusun menggunakan Rancangan Acak kelompok  pola Faktorial, faktor I konsentrasi  pupuk daun Bayfolan yaitu : 1,5 ml/lt , 3 ml/lt dan 4,5 ml/lt. Faktor II komposisi media tanam yaitu M1 : Tanah lapisan atas dan pupuk kandang dengan sekam = 3:1, M2 :Tanah lapisan atas dan pupuk kandang dengan sekam bakar = 2:2, M3 : Tanah lapisan atas dan pupuk kandang dengan sekam bakar = 1:3. Jumlah perlakuan  ada 9 perlakuan,  diulang 3   kali, sehingga ada 27 satuan percobaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis ragam berdasarkan uji F 5 %. Apabila perlakuan berpengaruh  nyata  terhadap  variabel  yang  diamati,  maka  dilakukan uji perbandingan rerata perlakuan menggunakan metode Duncan Multiple Range Test (DMRT) 5 %.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi yang nyata antara perlakuan pupuk daun  Bayfolan dan komposisi media tanam terhadap variabel pertumbuhan dan hasil  tanaman selada meliputi; tinggi tanaman, jumlah daun dan luas daun  pada umur 1,2 3, 4, 5 dan 6  MST serta bobot basah dan bobot kering tanaman selada. Pemberian pupuk daun  mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Konsentrasi pupuk daun 3 – 4,5  ml/lt merupakan konsentrasi terbaik untuk pertumbuhan tanaman selada dan panen (7 MST ). Pemberian komposisi media yang berbeda menghasilkan pertumbuhan dan hasil yang berbeda.. Komposisi media terbaik untuk tanaman selada adalah perbandingan lapisan tanah atas dan pupuk kandang : sekam bakar (3:1).
 
Kata Kunci : media tanam, pupuk daun,  sekam, selada
Published
2018-04-17
How to Cite
KURNIASTUTI, tri. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK PELENGKAP CAIR PADA MEDIA BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) VARIETAS Green Rapid. JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA, [S.l.], v. 5, n. 1, apr. 2018. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/12033>. Date accessed: 18 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jb&p.v5i1.12033.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.