Sastra Lisan Mantra Ujub-Ujub: Makna dan Fungsinya dalam Masyarakat Desa Karangrejo Kabupaten Malang Jawa Timur

Oral Literature of Ujub-Ujub Mantras: Meaning and Functions in the Community of Karangrejo Village, Malang Regency, East Java

  • Alfi Qori'ah Universtitas Muhammadiyah Malang
  • Wafi Azhari Universtitas Muhammadiyah Malang
  • Rifqi Muhammad Zidni Arsyada Universitas Muhammadiyah Malang
Abstract views: 688 , PDF downloads: 10598
Keywords: fungsi, fungsional, mantra, makna, semiotika

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang makna dan fungsi yang terdapat dalam mantra ujub-ujub. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif dengan pendekatan semiotika- fungsional. Sumber data penelitian ini ialah dua informan yang berasal dari Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Prosedur pengumpulan data adalah wawancara, perekamanan audio, dan pencatatan. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan dan wawancara terhadap informan yang memperlihatkan makna dan fungsi dari mantra. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mantra ini memiliki makna denotasi dan konotasi. Fungsi dari mantra tersebut menunjukkan adanya fungsi sosial, religi, dan budaya.

References

Andalas, E. F., dan Sulistyorini. 2017. Sastra Lisan. Malang: Madani.

Andalas, E. F. 2017. Dampak dan Fungsi Sosial Mitos Mbah Bajing Bagi Kehidupan Spiritual Masyarakat Dusun Kecopokan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jurnal Puitika.13 (1).

Bakar, Abdul Latif Abu. 2006. Aplikasi Teori Semiotika dalam Seni Perjuntujukan. Jurnal Etnomusikologi. 2(1).

Barhardur, Iswadi dan Ediyono. 2017. Unsur-Unsur Ekologi Dalam Sastra Lisan Mantra Pengobatan Sakit Gigi Masyarakat Keluharan Kuranji. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 1(2).

Brata, Nugroho Trisno. 2010. Bahasa dan Integrasi Bangsa dalam Kajian Antrolopogi-Fungsional. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16 (4).

Danandjaya, James. 2002. Foklor Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Endraswara, Suwardi. 2009. Metodologi Penelitian Foklor. Yogyakarta: PT Buku Kita.

Ilias, dkk. 2011. Tradisi Bercerita Siam di Kelantan: Satu Analisa Fungsi Cerita Siamese Story Telling Tradition in Kelantan: A Functional Analysis. Jurnal Melayu. 8: 207-232.

Lustyantie, Ninuk. 2012. Pendekatan Semiotik Model Roland Barthes dalam Karya Sastra Perancis. Makalah yang disajikan dalam Seminar Nasional, FIB UI, 19 Desember 2012.

Nurjamilah, Ai Siti. 2015. Matra Pengasihan: Telaah Struktur, Konteks Penuturan, Fungsi, dan Proses Pewarisannya. Jurnal Riksa Bahasa. 1 (2).

Palevi, dkk. 2016. Eksistensi Kesenian Jaran Kepang dalam Arus Indutri Pariwisata di Dusun Suruhan Desa Keji Kabupaten Semarang. Jurnal Solidarity. 5 (1).

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Semiotika Teks: Sebuah Pendekatan Analisis Teks. Jurnal Mediator. 5 (2).

Sartini, Ni Wayan. 2009. Menggali Nilai Kearifan Lokal Budaya Jawa Lewat Ungkapan (Bebasan, Saloka, dan Paribahasa). Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 5 (1).

Umaya, Nazla Maharani dan Ambarini. 2012. Semiotika: Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Wahyunigsih, Sri. 2014. Kearifan Budaya Lokal Madura sebagai Media Persuasif (Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam Iklan Samsung Galaxy Versi Gading dan Giselle di Pulau Madura). Jurnal Sosio Didaktika. 1 (2).

Yulianti, Frizky. 2011. Komodifikasi Idealisme Feminisme dalam Industri Musik (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Video Klip Beyonce “Run The World”). Jurnal Komunikator.

PlumX Metrics

Published
2018-10-22
How to Cite
Qori’ah, A., Azhari, W., & Arsyada, R. M. Z. (2018). Sastra Lisan Mantra Ujub-Ujub: Makna dan Fungsinya dalam Masyarakat Desa Karangrejo Kabupaten Malang Jawa Timur: Oral Literature of Ujub-Ujub Mantras: Meaning and Functions in the Community of Karangrejo Village, Malang Regency, East Java. Wacana : Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajaran, 2(2), 1-15. https://doi.org/10.29407/jbsp.v2i2.12133