FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN KLIEN DIABETES MILITUS DALAM MENJALANKAN PROGRAM TERAPI DM ( Di Kelompok Prolanis Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk ) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN KLIEN DIABETES MILITUS DALAM MENJALANKAN PROGRAM TERAPI DM ( Di Kelompok Prolanis Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk )

Main Article Content

Henny Purwandari

Abstract

Diabetes Melitus adalah  kelainan metabolik yang dapat dikelola  dengan menyesuaikan perencanaan makanan , kegiatan jasmani dan pengobatan yang sesuai dengan konsensus pengelolaan diabetes di Indonesia baik terapi primerdan terapisekunder. Pemerintah telah mendorong penderita penyakit kronis termasuk pasien  DM untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan adanya Prolanis ( Program Pengelolaan Penyakit Kronis ) dengan adanya aktifitas konsultasi medis / edukasi, home visit, reminder, aktifitas klub dan pemantauan kesehatan diharapkan para penyandang penyakit kronis dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepatuhan pasien menjalani terapi DM.Methods :Penelitianini mengunakan desainkorelasidenganpendekatancross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Diabetes Militusdi Kelompok Prolanis KecamatanLoceretKabupatenNganjuksejumlah 30 responden dengan sampling desain total sampling.Analisa data denganujistatistikCoefisien Contingensi dengantingkatsignifikasi α =  0,05.Result :hasil penelitian dari 30 responden 23 respondenmempunyaifaktorsituasibaikmempunyaikepatuhanbaikdalammenjalani program terapi DM, terdapat 16 respondenmemilikifaktorpengingat / pemahamanbaikdankepatuhanbaik, terdapat 20 respondenmemilikihubungandokterdenganklienbaikdankepatuhanbaik.BerdasarkanujistatistifdenganCoefisienContingensidengan α = 0,05 didapatkannilaiρvaluepadafaktorsituasiadalah 0,001, ρvaluepadafaktorpengingat / pemahamanadalah 0,081, ρvaluepadafaktorhubungandokterdanklienadalah 0,562 darihasiltersebutdapatdiartikan Ha diterimadan Ho ditolakartinyafaktorsituasiberpengaruhdengankepatuhanklien diabetes militusdalammenjalaniterapi DM di kelompokProlanisKecamatanLoceretKabupatenNganjuk, Conclusion : faktor situasi menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kepatuhan pasien diabetes melitus dalam menjalankan program terapi DM sehingga diharapkan support keluarga lebih optimal untuk mencegah terjadinya komplikasi pada pasien DM.

Article Details

How to Cite
PURWANDARI, Henny. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN KLIEN DIABETES MILITUS DALAM MENJALANKAN PROGRAM TERAPI DM ( Di Kelompok Prolanis Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk ). JURNAL NUSANTARA MEDIKA, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 61-70, may 2017. ISSN 2541-2477. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/697>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel