GAMBARAN PERILAKU PASIEN DIABETES MELITUS TENTANG PENGOBATAN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN KEDIRI

  • norma risnasari

Abstract


Diabetes Mellitus atau kencing manis telah menjadi masalah kesehatan dunia. Prevalensi dan insiden penyakit ini meningkat secara drastis di negara-negara industri baru dan negara sedang berkembang, termasuk Indonesia. Tingkat pengetahuan dan pendidikan mengenai Diabetes Mellitus hampir di semua tingkat masih dapat dikatakan rendah, antara lain pada pasien sendiri, keluarga, masyarakat, tenaga medis dan perawat. Perilaku kepatuhan penderita akan juga menghambat kesembuhan penderita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku pasien Diabetes Mellitus tentang pengobatan Diabetes Mellitus di Puskesmas Grogol Kabupaten Kediri.
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian “deskriptif”. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien Diabetes Mellitus yang berobat di Puskesmas Grogol Kabupaten Kediri, dengan jumlah populasi 72 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data dengan cara koding, scoring, tabulating
Dari hasil penelitian mengenai gambaran perilaku pasien Diabetes Mellitus tentang pengobatan Diabetes Mellitus di Puskesmas Grogol Kabupaten Kediri, dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien Diabetes Mellitus tentang pengobatan Diabetes Mellitus di Puskesmas Grogol Kabupaten Kediri yang memiliki perilaku aktif sebanyak 51 orang (70,8%) dan pasien yang memiliki perilaku pasif sebanyak 21 orang (29,2%). Melihat hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi pada responden sebaiknya membiasakan selalu berperilaku aktif dengan menjaga kesehatan dan jangan menganggap remeh perilaku dalam menjalani pengobatan karena perilaku berperan dalam membantu proses penyembuhan.
Keywords
Gambaran Perilaku, Pengobatan Diabetes Mellitus

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-01
How to Cite
RISNASARI, norma. GAMBARAN PERILAKU PASIEN DIABETES MELITUS TENTANG PENGOBATAN DIABETES MELITUS DI PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN KEDIRI. Judika (Jurnal Nusantara Medika), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 42-52, july 2019. ISSN 2541-2477. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/13101>. Date accessed: 15 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/judika.v3i2.13101.