Main Article Content

Abstract

Minimnya penggunaan alat kontrasepsi mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk yang sangat pesat. Rendahnya cakupan penggunaan kontrasepsi IUD dapat dipengaruhi oleh dukungan petugas kesehatan juga dukungan kader kesehatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara dukungan kader dengan minat penggunaan alat kontrasepsi IUD pada PUS di Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan seksional silang. Popolasi penelitian adalah semua PUS di Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri dengan sampel 82 responden yang diambil menggunakan teknik accidental sampling. Variabel bebas adalah dukungan kader dan variabel terikatnya adalah minat penggunaan kontrasepsi IUD pada PUS. Pengambilan data menggunakan lembar kuisioner dan dianalisis dengan uji korelasi spearman dengan alpha 0,05.
Hasil penelitian didapatkan hampir setengah dari responden yaitu ( 31,7% ) dengan dukungan kader kurang menyebabkan minat menggunakan kontrasepsi IUD rendah. Nilai sig(p) = 0,0002, α = 5% = 0,05, p <α, maka H0 ditolak, berarti ada hubungan antara dukungan kader dengan minat penggunaan alat kontrasepsi IUD pada PUS di Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dukungan kader dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mempengaruhi minat penggunaan KB IUD pada PUS di Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Keywords

Dukungan Kader, minat penggunaan KB IUD

Article Details

How to Cite
wahyuningsih, D., & Fatmawati, F. (2019). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KADER DENGAN MINAT PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD PADA PUS DI DESA SUKOREJO KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI. Judika (Jurnal Nusantara Medika), 3(2), 13-23. Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/13095