HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DAN SIKAPNYA DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI 0-6 BULAN

  • erna susilo
  • Puguh Santosa Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Makanan bayi yang mampu menjamin pertumbuhan bayi secara optimal, baik pertumbuhan jasmani, kecerdasan, rohani dan spiritual hanyalah air susu ibu (ASI) (Hubertin, 2004). Pemberian ASI bukanlah sekedar memberi makanan kepada bayi. Sikap ibu saat mendekap bayinya dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada bayi. Sayangnya,  tidak semua perempuan bisa memahami dan menghayati kodratnya, entah karena pengetahuan yang kurang memadahi tentang menyusui atau pemahaman yang kurang tentang peran dan fungsi ibu. Akibatnya ASI menjadi terbuang percuma (Ratna S, 2002).Diperlukan pemahaman yang mendalam tentang ASI, baik dalam hal manfaat maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan teknis pemberian ASI . Dalam upaya untuk meningkatkan perilaku pemberian ASI eksklusif perlu dilakukan intervensi dengan meningkatkan penyuluhan tentang ASI kepada ibu-ibu dan keluarganya secara rutin dan berkala yang di dasarkan kondisi social budaya setempat (Depkes RI, 2008). Untuk mengetahui Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang ASI Ekskusif dan Sikapnya dalam Pemberian ASI Eksklusif. peneliti menggunakan metode “Corelation” yaitu menghubungkan dua variabel antara tingkat pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dan sikapnya dalam pemberian ASI eksklusif dengan pendekatan “crossectional” yaitu mengukur secara bersamaan antara pengetahuan dan sikap ibu. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa kuesioner menggunakan koefisien kontingensi dengan bantuan SPSS 15. terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap ibu dalam pemberian ASI sksklusif. Sikap positif akan timbul apabila ibu mendapatkan stimulus atau rangsangan pengetahuan yang baik tentang ASI eksklusif cenderung memiliki sikap yang positif dalam pemberian ASI eksklusif.
Published
2018-07-05
How to Cite
SUSILO, erna; SANTOSA, Puguh. HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DAN SIKAPNYA DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI 0-6 BULAN. JUDIKA (Jurnal Nusantara Medika), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 20-30, july 2018. ISSN 2541-2477. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/akper/article/view/12178>. Date accessed: 10 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/judika.v2i1.12178.