Ibm Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Posyandu Melalui Perbaikan Alat Timbang Balita

  • Hana Catur Wahyuni Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sri Mukhodim Faridah Hanum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

 
Desa Gelam terletak di Kecamatan Candi Kab Sidoarjo. Posyandu RW 5 merupakan salah satu Posyandu di Wilayah Desa Gelam. Posyandu RW 5 mempunyai jumlah balita yang lebih banyak dibanding Posyandu lainnya di desa Gelam. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya tingkat kedatangan balita ke Posyandu karena adanya trauma yang dialami oleh keluarga balita (ibu) balita setiap kali kunjungan ke Posyandu, disebabkan karena rasa tidak nyaman selama proses penimbangan, karena faktor peralatan timbang yang "menyiksa" balita. Pelaksanaan IbM dilaksanakan dengan membuat alat timbang yang nyaman dan aman bagi balita. Hasil IbM menunjukkan bahwa perubahan alat timbang balita memberikan dampak positif bagi perkembangan Posyandu yang terlihat dari meningkatnya jumlah balita yang berkunjung, suasana yang nyaman, tidak ada suara tangisan balita, dan hasil evaluasi terhadap 30 ibu balita menunjukkan bahwa 100 % ibu tersebut puas dan suka dengan alat yang ada.

References

Kemenkes. (2012). Pedoman Penceqahan dan Penanggulangan Kegemukan dan Ubesitas pada Anak Sekolah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Kementerian Kesehatan RI. https://doi.org/362.11.Ind P
Soenandi, I. A., Ginting, M., & Marpaung, B. (2013). Perancangan ergonomis tempat tidur rumah sakit. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(2), 95–102.
Susi Erna Wati, Siti Aizah, Elizabeth Herawati, Rherizqi Andansari, Ifa Nilta Nafisah, & Ika Ampril Christine. (2018). Mencuci Tangan Yang Benar Di SDN Gempolan I dan II Gurah Kediri PAK PUNG SACIPUTRI, 1(2), 90–95. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM
Published
2018-07-16
How to Cite
WAHYUNI, Hana Catur; HANUM, Sri Mukhodim Faridah. Ibm Untuk Peningkatan Kualitas Layanan Posyandu Melalui Perbaikan Alat Timbang Balita. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 7-12, july 2018. ISSN 2599-0764. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/12024>. Date accessed: 21 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/ja.v2i1.12024.