Pkm Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Tulangan Sidoarjo

  • Fitria Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Rugaya Meis Andhiarini Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

 
Pendidikan karakter sangat penting diterapkan pada siswa SD. Pendidikan karakter di SD akan mengajarkan kebiasaan berpikir dan berperilaku yang membantu siswa untuk hidup dan bekerja sama di lingkungan keluarga, masyarakat, dan bangsa. Beberapa permasalah yang muncul dalam dunia pendidikan antara lain meliputi kurang keteladanan karakter guru kepada siswa, rendahnya pemahaman guru tentang pendidikan karakter, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk memahami pentingnya pendidikan karakter. Hal tersebut mendorong pengusul proposal memadukan ide-ide dan gagasan-gagasan yang dalam menyelesaikan permasalah tersebut dalam kegiatan pelatihan. Sehingga pengusul proposal mengambil judul Pemberdayaan Guru SD dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Metode pendekatan ang digunakan dalam pengabdian kepada masarakat ini dengan kegiatan pelatihan. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pelatihan tersebut pengusul proposal akan melalkukan pendampingan setelah kegiatan pelatihan berakhir. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pelatihan ini cukup berhasil dimana peserta pelatihan sangat antusias dalam kegiatan pelatihan, hal tersebut juga karena masing-masing guru belum pernah mendapatkan sosialisasi dari pemerintah terkait kebijakan pemerintan dengan memberikan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Dari hasil pendampingan menunjukkan masing-masing guru telah mengembangkan pemahaman dan pengetahuannya terkait Pendidikan karakter di sekolah. Hal tersut tampak dari hasil anget guru yang telah menerapkan pendidikan karakter di berbagai kegiatan di sekolah.  

References

Albertus. Doni Koesoema. 2010. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Asmani, Ma’mur, J. 2012. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta : DIVA Press.
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradapan Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Kemdikbud, 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.
Masnur Muslih. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda.
Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Baru.
Peraturan Pesiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem pendidikan nasional.
Yahya, Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Jakarta: PT.Grasindo.
Published
2018-07-17
How to Cite
WULANDARI, Fitria; ANDHIARINI, Rugaya Meis. Pkm Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 40-50, july 2018. ISSN 2599-0764. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/11978>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/ja.v2i1.11978.