Workshop MGMP Guru Mata Pelajaran Ekonomi Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Nganjuk

  • Elis Irmayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Efa Wahyu Prastyaningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bakti Widyaningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bayu Surindra Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Eunike Rose Mita Lukiani Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

 
tujuan diadakannya MGMP Guru Mata pelajaran Ekonomi MA se-Kabupaten Nganjuk adalah untuk memotivasi guru guna meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam merencanakan, melaksanakan dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan diri sebagai guru profesinal; 2) untuk meningkatkan kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajara sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan; 3) Untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan mencari solusi alternatif pemecahannya sesuai dengan karakteristik mata pelajaran masing-masing guru, kondisi sekolah dan lingkungannya; 4) Untuk membantu guru memperoleh informasi edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kegiatan kurikulum, metodologi, dan sistem pengujian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru; 5) Untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil lokakarya, simposium, seminar, diklat, classroom action research, referensi dan lain-lain, kegiatan profesional dibahas bersama-sama. Hasil Hasil /produk workshop MGMP  guru mata pelajaran Ekonomi MA se-kabupaten Nganjuk dari 5 produk yang ditargetkan hanya menghasilkan 2 produk yaitu, (1) Penyusunan Silabus dan RPP yang sesuai dengan kurikulum tahun 2013. (2) Penyusunan bahan ajar dalam bentuk modul dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan RPP dan Silabus. Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran ekonomi, adalah karena keterbatasan waktu dalam menyusun seluruh produk, hal ini akan diperbaiki dan di lengkapi pada semester genap tahun 2017 dan 2018 pada bulan Februari akhir, karena MGMP Guru mata pelajaran Ekonomi MA se-Kabupaten Nganjuk masih akan berlanjut di tahun 2018.

References

Ristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi, Edisi X tahun 2016. Jakarta.
https://nganjukkab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/36
https://www.google.co.id/search?q=peta+wilayah+kabupaten+nganjuk
http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=20584295
Published
2017-12-18
How to Cite
IRMAYANTI, Elis et al. Workshop MGMP Guru Mata Pelajaran Ekonomi Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Nganjuk. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 83-89, dec. 2017. ISSN 2599-0764. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM/article/view/11735>. Date accessed: 18 oct. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/ja.v1i2.11735.