Rancang Bangun Mesin Penggiling Kotoran Kambing dengan Sudu Berbentuk Martil

Main Article Content

kuni nadliroh

Abstract

Pupuk merupakan kebutuhan fundamental bagi para penduduk Indonesia dengan mayoritas pekerjaan penduduknya sebagai petani. Pupuk yang mereka gunakan biasanya berupa pupuk kimia dari pabrik atau pupuk kompos yang mereka olah sendiri maupun pupuk kandang. Penggunaan pupuk pabrik yang terus menerus bisa mengakibatkan rusaknya tanah akibat ketidak seimbangan pH tanah, sedangkan penggunaan pupuk kandang yang alami bisa menyeimbangkan pH sehingga tanah akan tetap terjaga kesuburannya. Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang biasanya hanya dibiarkan dalam beberapa waktu tertentu sehingga setelah kotoran tersebut berubah bentuk menjadi serbuk yang menyerupai tanah baru kemudian diaplikasikan kepada tanaman. Proses perubahan kotoran hewan menjadi serbuk membutuhkan waktu yang lama, terlebih lagi kotoran kambing yang mempunyai bentuk yang bulat dan keras, untuk berubah menjadi serbuk diperlukan waktu bertahun-tahun, maka dari itu diperlukan alat untuk mengolah kotoran kambing tersebut menjadi serbuk dengan bentuk sudu seperti martil sehingga proses penggilingan diasumsikan seperti pemukulan berulang-ulang terhadap kotoran kambing supaya bisa segera digunakan oleh para petani untuk proses pemupukan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
NADLIROH, kuni. Rancang Bangun Mesin Penggiling Kotoran Kambing dengan Sudu Berbentuk Martil. Jurnal Mesin Nusantara, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 18-26, aug. 2019. ISSN 2621-9506. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/JMN/article/view/13345>. Date accessed: 15 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jmn.v2i1.13345.
Section
Articles

References

[1] Hanafiah, Kemas Ali. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005.

[2] Prabowo, R. “Kajian Biopestisida dan Pupuk Hayati Dalam Mendukung Pengelolaan Tanaman Tomat Secara Terpadu”. Jurnal Mediagro. Vol. 4, No.1. 2008.

[3] Sutedjo, M. M. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta, Jakarta. 2002.

[4] Tri Dimas, dkk. “Rancang Bangun Mesin penggiling Kotoran Kambing”. Skripsi, ITS, Surabaya. 2017.

[5] Muhammad A Trisna, Zaman Badrus. Pengaruh Penambahan Pupuk Kotoran Kambing Terhadap Hasil Pengomposan Daun Kering di TPST UNDIP. Jurnal Teknik Lingkungan, Vol. 6, No. 3. 2017.