Meningkatkan kinerja usaha kecil menengah dengan pendekatan value engineering

  • M. Muslimin Ilham Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ferry Suzantho Institut Teknologi Adhitama Surabaya
  • Surahmad Surahmad Institut Teknologi Adhitama Surabaya
  • Fuad Achmadi Institut Teknologi Adhitama Surabaya
Abstract views: 344 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 799
Keywords: Value Engginering, SDM, UKM, Proses Produksi, Modal

Abstract

Saat ini, penggunaan value engineering sudah dilakukan diberbagai bidang usaha. Tidak hanya perusahaan yang besar, tetapi UKM yang berada di daerah juga sudah mulai mengenal metode pengelolaan usaha dengan value engineering. Penelitian ini berupaya menjawab masalah tentang bagaimana cara agar UKM dapat meningkatkan kinerjanya berdasarkan pendekatan Value Engineering. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dari kegiatan penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) Penerapan metode Rekayasa Nilai pada UKM Pagar Besi dapat menyelesaikan solusi yang lebih baik dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan. (2) Berdasarkan alternative kombinasi metode kerja yang dibuat maka, alternatif penerapan rekayasa nilai yang terpilih. Karena  penerapan rekayasa nilai ini mempunyai keuntungan-keuntungan antara lain: (a) Proses produksi cepat, (b) Pengerjaan rapi, (c) Harga jual lebih tinggi. Sedangkan spesifikasi teknik yang dimiliki oleh alternatif Value Engineering yang akan dijalankan adalah sebagai berikut : (a) Proses kerjanya tidak membutuhkan waktu lama untuk pembuatan 1 unit pagar besi minimalis. Untuk ukuran 8m2 hanya dibutuhkan waktu 2 hari. (b) Mutu dan kwalitas yang disyaratkan mempunyai bentuk yang sempurna dan tidak cacat. (c) Sambungan bagian pengelasan tidak mudah patah oleh benturan/pukulan. (3) Pengurangan biaya dapat dilakukan pada metode Value Engineering, karena perubahan metode baru pada proses produksi pembuatan pagar besi minimalis mempengaruhi pengurangan biaya-biaya tenaga kerja. Pengurangan biaya tersebut akan mempengaruhi naiknya peningkatan performance yang lebih tinggi dari produk, sehingga nilai dari produk menjadi naik, maka mempengaruhi harga jual menjadi tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zimmerman , Larry W. and Hart, Glen D. 1982. Value engineering : a practical approach for owners, designers, and contractors. New York : Van Nostrand Reinhold, c

SAVE Internationa. 2007. VALUE STANDARD nd BODY OF KNOWLEDGE. SAVE International Value Standard. http://www.value-eng.org/

Moleong,Lexy. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Remaja Rosdakarya

Pasaribu, Muhammad Fazri dan Puspita, riana. 2016. Tahap Informasi, Kreatif, dan Analisa Pada Rekayasa Nilai Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Hotel. Industrial Engineering Journal Vol.5 No.2 (2016) 46-51.

Abdul Chaer. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

PlumX Metrics

Published
2018-06-25
How to Cite
[1]
M. M. Ilham, F. Suzantho, S. Surahmad, and F. Achmadi, “Meningkatkan kinerja usaha kecil menengah dengan pendekatan value engineering”, JMN, vol. 1, no. 1, pp. 35-41, Jun. 2018.