Pengaruh proses perlakuan panas terhadap penggunaan media pendingin terhadap kekuatan tarik material ST-41

Main Article Content

Dwi Setyawan Fatkur Rhohman Am. Mufarrih

Abstract

Kekerasan pada komponen mesin yang terbuat dari baja, dapat diperoleh melalui proses perlakuan panas atau perlakuan permukaan. Proses peningkatan kekerasan menggunakan panas kemudian dengan dinginkan dengan media pedingin serta holding time yang ditentukan merupakan cara yang banyak dilakukan untuk baja karbon medium dan tinggi. Penelitian untuk memperoleh hasil kekuatan tarik dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pendingin dan holding time pada proses perlakuan panas terhadap kekuatan tarik material ST 41. Metode penelitian yang digunakan eksperimen murni (true experimental) dengan analisa data menggunakan analysis of varians pada program minitab 16.  Hasil penelitian menunjukkan variasi yang mampu memberikan pengaruh paling besar terhadap kekuatan tarik adalah holding time selama 15 menit dengan media pendingin air sebesar 64 kN. Hasil analisa untuk holding time memiliki pengaruh terhadap kekutan tarik dengan p-value sebesar <0,05 (nilai signifikan) sedangkan untuk media pendinginan tidak memiliki pengaruh  terhadap kekuatan tarik dimana p-value sebesar  >0,05 (nilai signifikan). Sehingga dapat disimpulkan faktor holding time berpengaruh terhadap kekuatan tarik dan untuk faktor media pendingin tidak berpengaruh terhadap kekuatan tarik secara signifikan.

Article Details

How to Cite
SETYAWAN, Dwi; RHOHMAN, Fatkur; MUFARRIH, Am.. Pengaruh proses perlakuan panas terhadap penggunaan media pendingin terhadap kekuatan tarik material ST-41. Jurnal Mesin Nusantara, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-18, june 2018. ISSN 2621-9506. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/JMN/article/view/12291>. Date accessed: 15 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.29407/jmn.v1i1.12291.
Section
Articles

References

[1] Schonmetz, G. 1985. Pengetahuan Bahan dalam Pengerjaan Logam. Terjemahan Eddy D. Hardjapamekas. Bandung: Angkasa Anggota IKAPI.

[2] Surdia, T dan Chiijiwa, K. 2009. Pengetahuan Bahan Teknik. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

[3] Sumanto. 2010. Dasar-dasar Mesin Pendingin. Penerbit Andi : Yogyakarta

[4] Wiryosumarto, H. & Okumura, T. 2008, Teknologi Pengelasan Logam, Cet. 10. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

[5] Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

[6] Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

[7] Cahyono, Azis. 2015. Heat treatment Perlakuan Panas Dengan Cara Normalizing. Jurnal: Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.

[8] Iriawan, N. 2006. Mengolah Data Statistik Dengan Mudah Menggunakan. Minitab 16. Yogyakarta: Andi.

[9] Perdana. 2008. Perlakuan Bahan Menggunakan Quenching. Jurnal: Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang.